teoribuku

15 CARA BIKIN HARIMU ANTI JENUH KARENA BAHAGIA ITU MUDAH


Apa kamu ngerasa jenuh dengan hari-harimu yang monoton tanpa menikmati kehidupan sehari-hari, kemungkinan kita bakal jarang ngerasa bahagia, antusias dan bersemangat.

 Hidup itu singkat jadi kita harus belajar bagaimana menciptakan moment bahagia dan menikmatinya. Gimana dong caranya biar kehidupan sehari-hari kita selalu punya momen kecil dan sederhana tapi juga buat bahagia dan antusias menjalani hari. Nahh berikut ide untuk menciptakan momen-momen menarik di hidupmu. Silahkan di coba yah semoga berhasil dan kamu senang ^-^

1. BUAT MEMORY JAR


Kamu sering jenuh ? trus curhat di sosmed ? stop deh hidup terlalu singkat jika di habiskan untuk mengeluh. Coba kamu buat memory jar yang isinya semua hal menyenangkan yang terjadi setiap harinya di secarik kertas lalu masukan kertas itu kedalam toples kosong. Dengan ini kamu bisa belajar mensyukuri nikmat dari sang pencipta nahh di akhir tahun kamu bisa buka kembali toples ini lalu senyum lebar sambil baca tulisanmu dulu. 

2. EKSPERIMEN DENGAN LIPOGRAM
Lipogram adalah teknik menulis dengan menghindari penggunaan huruf tertentu. Lipogram akan semakin menantang jika yang di hilangkan adalah huruf vokal.
Misalnya : rasa sayangmu yang dulu ada telah lenyap atau aku yang lupa waktu telah merekam senyumanmu pada senja. Segera tuntaskan saja, satu yang tak boleh berubah rasa sayangku kepada sang Maha Kuasa.
Ini contoh tulisan tanpa huruf “ i “ sekarang coba tantang dirimu untuk nulis karangan dengan  lipogram. It’s gonna be fun!

3. TRAKTIR ORANG LAIN

Siapa yang mau di traktir ? hehehe. Kamu pasti suka di traktir dong ? nah artinya kalau ada orang yang kamu traktir kemungkinan besar dia akan senang. Sesekali coba deh traktir orang yang nggak kamu kenal. Misalnya waktu kamu beli nasi goreng di kedai langganan, sebelum pulang pesan 1 porsi lagi dan pesan ke pelayang untuk memberikannya ke tukang parkir kedai itu. Mari berbagi rezeki.

4. BE SENSITIVE
Terkadang saking sibuknya, kita lupa memperhatikan kondisi orang-orang di sekitar kita. Padahal bisa aja mereka sedang butuh teman ngobrol atau justru sebaliknya sedang butuh space untuk nggak di ajak ngobrol terus menerus.
Hari ini coba deh kamu latihan memperhatikan hal-hal kecil disekitarmu. Perhatikan nada bicara temanmu, body languange –nya. Kalau kamu nemuin hal yang janggal, coba sapa mereka apa yang bisa kamu bantu. Be a good friend.

5. PERGI KE TEMPAT YANG BELUM PERNAH KAMU KUNJUNGI DI KOTAMU
Sekecil apa pun kota tempat tinggalmu, pasti ada beberapa tempat yang belum pernah kamu datangi. 

Mungkin restoran ayam bakar yang selalu ramai, kedai es legendaris, museum yang tiap hari kamu lewati atau alun-alun juga bisa. Coba deh kunjungi tempat-tempat itu siapa tau dapat inspirasi baru dan ketemu jodoh *ehh. Explore new journey by your own way.

6. TALK TO STRANGERS
            Dulu waktu masih keci, mungkin kamu sering dinasehati buat gak ngobrol dengan orang asing. Tapi sekarang, nasihat itu jelas udah gak relevan.


Cobalah sesekali ngobrol dengan orang asing. Misalnya waktu kamu lagi nunggu dokter atau sama-sama dalam perjalanan di kereta. Tanyakan hal-hal yang sekiranya berkaitan. Kamu nggak tahu informasi yang bisa kamu dapat dari obrolan itu. Siapa tahu dapat informasi yang berguna. Membangun relasi itu penting guys.

            7. ENJOY SUNSET
            Biasanya banyak orang menikmati sunset di pantai. sttt kamu kamu nggak harus pergi ke pantai dulu kok. 


            Matahari terbenam di perkotaan juga nggak kalah bagusnya. Kamu bisa nunggu matahari tenggalam di balkon rumahmu atau di tanah lapang di sekitar rumah yang nggak tertutup bangunan. Lalu share deh jadi orang-orang tau kalau menikmati matahari terbenam bisa dimana aja.

            8. MENONTON PERTUNJUKAN SENI

            Kalau kamu biasanya nonton film di bioskop, coba sesekali pergi ke pertunjukan seni di kotamu. Misalnya pertunjukan teater tentang kebudayaan seperti saung udjo di bandung, kita bisa melihat budaya sunda, bernyanyi dan menari bersama bahkan bermain angklung. Atau kamu bisa coba nonton stand up comedy secara langsung di kotamu bareng sahabat. Pengalaman nonton stand up comedy secara langsung ini pasti berbeda dan lebih berkesan daripada cuma nonton di tv atau youtube. Wahh pasti bisa membuat harimu berwarna. 

9. kirim surat untuk dirimu dari masa depan
Buatlah surat buat dirimu sendiri 10 tahun lagi. Tulis segala sesuatu yang kamu rasakan saat itu, kebahagianmu dan masalah-masalahmu, selain itu tulis juga mimpi mu yang pingin kamu wujudkan. Nasehati dirimu sendiri juga boleh.


Sepuluh tahun lagi saat kamu baca surat ini, kamu pasti senyum-senyum sendiri dan menertawakan sikapmu dulu serta hal-hal yang buat kamu bahagia. Kamu juga bakal belajar bahwa masalah akan berakhir.
Nah biar tulisanmu gk hilang, silahkan tulis di FutureMe.org. surat akan dikirim ke surelmu sesuai tanggal yang kamu masukkan.


10. FAKE A NAME AT STARBUKS
Kalau kamu pesan kopi di starbuks, biasanya kasir akan menanyakan namamu biar mereka bisa panggil kalau kopimu sudah selesai di buat. 

Sesekali coba buat nama samaran dan ganti dengan nama orang yang populer. Misalnya bilang kalau namamu chelsea islan atau nicholas saputra. Kasir tahu itu bukan namamu sebenarnya, mereka juga gak protes. Akhirnya ketika namamu di panggil, pasti bakal banyak orang yang mencari siapakah sosok nama yang disebutkan. Kamu senyumin aja mereka yang melihat ke arahmu. Mereka bakal sadar kalau ini semua keisenganmu aja. Keep calm and drink coffee :D

11. AYO WISATA KERETA
Biasanya kamu perpergian naik kereta jika mau ke kota lain dengan tujuan kerja atau mengunjungi kerabat. 

Coba yuk sesekali naik kereta api lokal di kotamu, dari stasiun satu ke stasiun lain.Kamu bisa sambil liatin tingkah laku orang-orang di sekitarmu. Merhatiin tingkah laku orang lain bisa mengasyikan loh. Ciptakan imajinasimu sendiri tentang gerak gerik mereka. Buat kamu yang hobi nulis cerita fiksi, ini bisa membantu menemukan ide-ide baru dan membangun karakter setiap tokoh. Atau kamu bisa coba naik kereta ke kota sebelah, setelah sampai kamu bisa kulineran deh. Siapa tahu kamu bisa nemuin makanan enak yang nggak ada di kotamu. 

12. SEHARIAN DI KAMAR

Banyak di antara kita yang sering meluangkan waktu untuk menata kamar sedemikian rupa biar nyaman di tempati. Sayangnya, kadang kita terlalu sibuk hingga lupa menikmati segala kenyamanan tersebut. Sesekali waktu weekend, luangkan waktu untuk seharian di kamar menikmati me time mu. Siapkan majalah, buku, film dan lagu favorit, cemilan. Mungkin setelah itu kamu baru menyadari betapa nyamannya kamarmu itu.

13. JALAN-JALAN LEWAT GOOGLE STREET VIEW
Google street view adalah fitur dari google maps dimana kamu bisa melihat langsung pemandangan di suatu tempat dengan sudut pandang 360 derajat. Jadi seolah-olah kamu lagi di tempat tersebut. 

Seru banget loh mengeksplor fitur ini. Buat kamu yang lagi bosen di kantor kamu bisa jalan-jalan di google maps misalnya menelusuri jalanan di kota impianmu, London, Paris atau negara lain, tinggal pilih. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini sebagai survei lapangan juga sebelum kesana beneran. Misalnya buat kamu yang akan liburan ke kota maupun negara lain untuk pertama kali, kamu bisa cari tahu lokasi hotelmu dari sini, jadi ketika tiba disana sudah familiar deh jalan menuju hotelmu. Atau buat kamu yang kangen kota yang pernah kamu kunjungi atau tempat tinggal mu dulu, kamu bisa nostalgia dan melihat bagaimana suasana di kotamu sekarang. Happy exploring the world in maps.

14. BIKIN FROZEN FRUITE
Siang-siang, panas terik pasti enaknya makan yang dingin-dingin dong seperti es krim. Biar lebih sehat gimana kalo es krim nya buat sendiri?

Buatnya gamapng, kamu tinggal potong-potong buah seperti pisang, melon, stoberi, pepaya atau buah lainnya. Lalu masukkan ke dalan freezer. Setelah beku bisa dimakan langsung, di blender dulu atau di celupoin coklat juga enak banget. Dijamin seger dan sehat dong. Kamu juga bisa bagiin frozen fruit ke anak-anak di sekitar rumahmu. Mari berbagi yah.
15. MENYELESAIKAN PUZZLE YANG RUMIT SENDIRIAN
Sebagian orang mungkin menganggap puzzle cuma mainan anak-anak. Padahal ada juga puzzle yang kompleks banget sampai-sampai orang dewasa harus putar otak untuk menyusunnya. 

Nah coba main game susun puzzle rumit itu sendirian. Ini bakal melatih kemampuan problem solving kamu. Kalau kamu berhasil, pasti kamu bakal ngerasain kepuasaan yang nggak bisa di ungkap dengan kata-kata.
Selamat mencoba yah, semoga hari-hari kamu lebih berwarna dengan tips tips nya. Kalau kamu ada cara untuk buat bahagia versi kamu silahkan share di comment yah  ^-^





15 CARA BIKIN HARIMU ANTI JENUH KARENA BAHAGIA ITU MUDAH 15 CARA BIKIN HARIMU ANTI JENUH KARENA BAHAGIA ITU MUDAH Reviewed by Wichi on 12:05:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.