teoribuku

Sejarah perkembangan internet ~ teori buku


Related image


Pada tahun 1960-an departemen pertahanan amerika serikat khawatir akan terjadinya perang nuklir. Hal ini membuat dimulainya penelitian untuk menghubungkan komputer-komputer yang dimiliki Departemen Pertahanan dalam satu instalasi. Komputer tersebut diharapkan dapat saling berkomunikasi dan tetap bertahan jika perang benar-benar terjadi. Pada bulan Oktober 1962 dimulailah program riset komputer di Arpa ( Advanced research projects agency) dengan Joseph licklider sebagai ketua program pertama.
Pada tahun 1965 dengan bantuan dana dari Arpa Larry Robert and Thomas marill mencoba membuat koneksi wide area network yang pertama. Mereka menghubungkan komputer TX-2 di MIT dengan komputer q32 di Santa Monica melalui jaringan telepon. Dari percobaan tersebut disimpulkan bahwa jaringan telepon dapat melewatkan data namun tidak efisien karena menghabiskan bandwidth dan mahal. Kleinrock memprediksi model pengiriman paket data merupakan komunikasi antar 2 komputer yang paling memungkinkan.

Pada tahun 1966 bob taylor dari Arpa menerima bantuan dana dari beberapa universitas di Amerika Serikat untuk melakukan percobaan membuat jaringan yang menghubungkan komputer-komputer dari sejumlah universitas yang mendanai percobaan ini. 3 tahun kemudian jaringan tersebut berhasil dibuat yang disebut sebagai APARNET. Jaringan itu kemudian menjadi cikal bakal lahirnya internet.
 internet yang pada saat itu disebut dengan ARPA-NET pertama kali online pada tahun 1969. Pada awalnya a partner menghubungkan komputer-komputer di berbagai universitas di bagian barat daya Amerika Serikat antara lain University of California Los Angeles, Stanford research Institute, University of California Santa Barbara dan University of Utah.


Pada bulan Juni 1970 beberapa universitas dan lembaga lain seperti MIT, harvard, BBN dan system developement corp di Santa Monica ikut bergabung. Selanjutnya pada bulan Januari 1971 giliran Stanford Lincoln labs milik MIT, Carnegie mellon dan case Western reserve University ikut bergabung. Pada tahun 1971 dan network working group menyelesaikan protokol telnet. Protokol yang digunakan untuk mengakses sebuah komputer dari jarak jauh Selain itu Network working group membuat kemajuan pada standard File Transfer Protocol FTP protokol yang digunakan untuk mendownload file.

Pada tahun 1972 Roy Tomlinson dari BBN menulis program yang dapat mengirimkan surat secara elektronik melalui APARNET menggunakan simbol @ untuk menghubungkan nama pengguna username dan alamat email (email address) pada akhir tahun 1980 simbol @ kemudian digunakan sebagai standar di seluruh dunia
Permasalahan yang timbul untuk menghubungkan jaringan jaringan komputer kedalam apartheid adalah banyaknya jaringan komputer yang berbeda maka pada tahun 1973 dimulai mengembangkan Sebuah protokol yang kemudian hari disebut dengan protokol TCP/IP oleh sebuah kelompok yang dipimpin oleh Vinton cerf dari Stanford dan Bob Kahn dari DARPA ( defense Advanced research projects agency). Protokol tersebut memungkinkan dua jaringan komputer yang berbeda dapat berinteraksi dan berkomunikasi satu dengan yang lain.
 Image result for internet
Pada tahun 1986 internet kemudian digunakan secara terbuka untuk umum Sejak saat itu penggunaan internet berkembang dengan sangat cepat ke seluruh dunia. Pada tahun 1989 jumlah jaringan yang terhubung ke internet berkembang dengan pesat di bulan Januari jumlah jaringan yang terhubung ke internet sebanyak 80.000 buah kemudian bertambah menjadi 130.000 buah di bulan Juli dan melebihi 160.000 di bulan November. Beberapa negara seperti Australia, Jerman, Israel, Italia, Jepang, Mexico, Belanda, Selandia baru dan Inggris terhubung dengan internet.
Pada tahun 1990 APARNET resmi ditutup jaringan tersebut telah berkembang dari 4 jaringan komputer yang tergabung didalamnya menjadi 300.000 jaringan. Negara-negara yang tergabung dalam jaringan internet telah mencakup Argentina, Australia, Belgia, Brazil, Chile, Yunani, India Irlandia, Korea Selatan, Spanyol dan Swiss. Beberapa aplikasi internet seperti Archie, gopher dan WAIS mulai digunakan. 
Pada tahun 1993, dikembangkan aplikasi browsing yang disebut mozaik oleh Marc Addreessen bersama timnya di National Center for supercomputer applications (NCSA). Addreessen kemudian keluar dari NCSA dan menjadi otak di belakang netscape corp yg kemudian membuat netscape, browser yang paling sukses. Sampai akhirnya, microsoft mengembangkan microsoft internet explorer.


Selain perkembangan jaringan pengguna kemajuan internet juga disertai dengan perkembangan teknologi kecepatan koneksi menjadi hal yang penting mengingat semakin besarnya kebutuhan akan sarana pertukaran informasi. Modem dengan kecepatan 56 kbps semula dianggap cukup memadai namun saat ini menjadi kurang memadai terutama untuk mengirimkan dan menerima aplikasi aplikasi multimedia kualitas tinggi. Karena itu dikembangkanlah teknologi digital subscriber Lines ( DSL) yang mempunyai kemampuan untuk mengirimkan data lebih cepat.
Pada tahun 2004 jumlah pengguna internet Indonesia telah mencapai 4,2 juta orang dan diperkirakan pada tahun 2005 jumlah pengguna yang di Indonesia akan mencapai 5 juta orang kenyataannya jumlah pengguna internet pada tahun 2005 jauh lebih besar dari yang diperkirakan menurut eTforcasts jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2005 mencapai 18 juta orang atau 3,6 kali lebih besar dari yang diperkirakan.
Di seluruh dunia Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna internet terbesar ke 15 sedangkan untuk kawasan Asia Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna internet terbesar kelima di bawah Cina Jepang India dan Korea Selatan.

Sejarah perkembangan internet ~ teori buku Sejarah perkembangan internet ~ teori buku Reviewed by Wichi on 20:25:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.