teoribuku

apa itu jaringan komputer ? manfaat, jenis dan perangkat jaringan komputer


Di era informasi saat ini, kebutuhan akan informasi merupakan hal yang sangat penting terutama dalam dunia bisnis. karena itu orang-orang kemudian bekerja dalam sebuah tim bekerja bersama-sama serta saling mempertukarkan informasi dan berbagai sumber daya.

 Apa itu jaringan komputer ?
Peranan komputer dalam kehidupan sehari-hari semakin terasa. Berbagai kegiatan bisnis di berbagai bidang dilakukan dengan bantuan komputer karena kebutuhan pengolahan data data dan informasi, maka dalam sebuah organisasi bisnis kadang-kadang dibutuhkan lebih dari satu komputer yang digunakan oleh banyak orang yang bekerja dalam sebuah tim. Untuk kelancaran dan efisiensi komputer-komputer tersebut kemudian dihubungkan satu sama lain Kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya disebut dengan jaringan komputer.
Image result for jaringan komputer
Dalam sebuah jaringan komputer, terdapat sebuah komputer server dan komputer client. Sesuai dengan namanya komputer server berfungsi untuk melayani pengiriman dan penerimaan data dari komputer-komputer yang ada di dalam jaringan. Dengan kata lain komputer server berfungsi untuk mengatur aliran data dalam jaringan. Selain itu komputer server juga dapat berfungsi sebagai penyedia sumber yang dibutuhkan oleh komputer komputer client. Sumber-sumber tersebut dapat berupa data program file dan sebagainya sedangkan komputer client adalah komputer yang menerima pelayanan.

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari adanya jaringan komputer antara lain sebagai berikut
  • Membagi sumber daya 

Jaringan komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membagi sumber daya yang ada. Sumber daya tersebut dapat berupa perlengkapan komputer seperti printer maupun sumber daya yang berupa data-data file-file dan program-program dengan adanya jaringan komputer maka sumber daya yang harus disediakan dapat dikurangi.
  • Realibilitas tinggi

Jaringan komputer memungkinkan kita untuk mengcopy data-data ke dua atau tiga komputer bahkan lebih dengan demikian apabila salah satu komputer rusak dan data-data disimpan di dalamnya hilang kita masih dapat menggunakan data yang disimpan di komputer lain hal ini akan menguntungkan karena kita tidak terhambat meskipun ada komputer rusak ataupun data-data yang hilang.
  • Menghemat uang

Dengan menggunakan jaringan perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan misalnya printer dengan adanya jaringan komputer satu buah printer dapat digunakan oleh beberapa orang sehingga perusahaan tidak perlu membeli printer untuk Setiap karyawan dengan demikian jaringan komputer yang di bangun dapat menghemat biaya yang dikeluarkan.

  • Sarana komunikasi

Jaringan komputer dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi misalnya Ketika memberikan pengumuman rapat pimpinan perusahaan tidak perlu mengirimkan surat kepada semua stafnya pimpinan perusahaan cukup mengirimkan undangan melalui jaringan komputer yang ada.

Berbagai jenis jaringan

 Secara fisik jaringan komputer dapat dibedakan menjadi dua yaitu jaringan kabel dan jaringan tanpa kabel atau Wireless network. Jaringan kabel adalah jaringan komputer yang secara fisik dihubungkan dengan kabel kabel jaringan sedangkan jaringan tanpa kabel adalah jaringan komputer yang dihubungkan dengan gelombang radio
 Jika dilihat dari area yang dicakupnya secara umum jaringan komputer dapat digolongkan atas 4 jenis yaitu sebagai berikut
  1.  local area network (LAN)

Local area network LAN adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran. Umumnya LAN dimiliki oleh perusahaan atau organisasi tertentu
Image result for LAN
LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer yang terdapat di dalam gedung atau kantor tersebut komputer-komputer dihubungkan untuk membagi sumber daya yang terdapat di kantor tersebut memungkinkan suatu perusahaan atau kantor dapat menggunakan sumber daya yang ada misalnya printer secara bersama-sama Selain itu lanjut juga memungkinkan komputer-komputer tersebut dapat saling berkomunikasi dan bertukar informasi komputer yang terhubung dalam satu lahan kebanyakan hanya berjarak puluhan meter.

2. Metropolitan area network (MAN)

Metropolitan area network (MAN) adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar
Image result for MAN JARINGAN
Umumnya MAN digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang letaknya berdekatan. Misalnya kantor-kantor pemerintah yang terdapat dalam sebuah kota dapat dihubungkan dengan Man hal ini dibuat untuk berbagai berbagi data antara satu instansi dengan instansi lainnya.

3. Wide Area network (WAN)

Wide area network (WAN) adalah jaringan komputer yang mencakup area yang sangat luas dari segi geografis. WAN dapat saja mencakup sebuah negara atau benua
Image result for WAN JARINGAN
WAN banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang daerah operasinya mencakup beberapa negara yang terletak di berbagai belahan dunia. WAN juga digunakan oleh negara-negara yang telah maju untuk menghubungkan database dari satu daerah dengan daerah lain dan antar instansi dan lembaga-lembaga yang ada.


4 . Internet

Internet internet juga merupakan sebuah jaringan komputer. Internet merupakan jaringan yang sangat besar yang mencakup seluruh dunia. Orang yang terhubung ke internet berarti terhubung ke semua komputer yang ada di dunia yang juga terhubung ke internet.
Internet merupakan kumpulan dari LAN, MAN, dan WAN yang ada di seluruh dunia. Untuk menghubungkan jaringan-jaringan tersebut kedalam sebuah jaringan internet yang sangat besar maka dibangun jaringan kabel serat optik yang menghubungkan satu benua dengan benua yang lain kabel serat optik tersebut dibangun melalui dasar laut.

 Perangkat Jaringan Komputer
Sebuah jaringan komputer dimana satu komputer terhubung dengan komputer komputer yang lain memiliki beberapa perangkat keras yang dibutuhkan perangkat-perangkat sebuah jaringan komputer adalah sebagai berikut
1.        Server
Komputer server umumnya mempunyai sistem operasi aplikasi dan website yang menyediakan layanan kepada komputer komputer lain dalam jaringan
Image result for SERVER
Datebase yang terdapat di komputer server biasanya berisi data-data yang digunakan bersama-sama oleh komputer komputer client. Pada jaringan yang besar di mana data-data yang harus ditangani oleh server cukup besar server database dibuat terpisah Jika jaringan dihubungkan ke internet komputer server juga berfungsi sebagai Gateway atau gerbang komputer client untuk mengakses internet.
2.       Client
Komputer client adalah komputer yang digunakan untuk melakukan pengolahan data yang diambil dari server komputer client menerima layanan dari komputer server.
3.       Kartu jaringan
Kartu jaringan atau lan card adalah perangkat keras jaringan yang dipasangkan di motherboard komputer yang terdapat di jaringan baik server maupun client
Image result for kartu jaringan
Pada saat ini beberapa motherboard sudah dilengkapi dengan LAN card sehingga kita tidak perlu lagi membelinya secara terpisah.
4.       Hub
Hub berfungsi untuk membagi sinyal data dari LAN card. Hub juga berfungsi sebagai penguat sinyal
Image result for hub jaringan
Hub memungkinkan sebuah kabel dari komputer server dihubungkan ke beberapa komputer client. Hub juga memungkinkan jarak komputer yang dihubungkan oleh kabel jaringan menjadi lebih jauh.
5.       Kabel dan konektor
Kabel dan konektor adalah kabel jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain. Kadang-kadang bila diperlukan di antara dua komputer yang dihubungkan dengan kabel ditempatkan hub. Kabel yang umum digunakan di jaringan adalah kabel UTP.
6.       Repeater
Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal di jaringan
Image result for repeater
Repeater menguatkan sinyal yang diterima dari komputer pengirim sehingga kekuatan sinyal sama dengan kekuatan aslinya. Dengan menempatkan repeater maka jarak antar komputer di jaringan dapat dibuat Semakin Jauh.
7.       Bridge
Bridge adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan LAN dengan jaringan yang lain
Image result for bridge jaringan
Dengan menggunakan Bridge maka sebuah jaringan yang lebih besar yang merupakan gabungan dari beberapa jaringan dapat diperoleh.
8.       Router
Router berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu jaringan ke jaringan lain.
Image result for router jaringan
Dengan adanya router maka arus data dari satu LAN dapat diisolasi dari arus LAN yang lain. Dengan demikian arus data dari satu LAN tidak bercampur Baur dengan arus data dari LAN yang lain. Ada dua jenis router yang biasa digunakan router dedicated yang merupakan keluaran dari pabrik dan router PC. Router PC adalah komputer PC yang digunakan menjadi router.

apa itu jaringan komputer ? manfaat, jenis dan perangkat jaringan komputer apa itu jaringan komputer ? manfaat, jenis dan perangkat jaringan komputer Reviewed by Wichi on 22:33:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.