teoribuku

definisi komunikasi data - begini cara kerja komputer dalam mengirim data


Image result for komputer jaringan

Komunikasi data

Komunikasi antar 2 komputer berarti terjadi proses pengiriman dan penerimaan data atau komunikasi data kita akan membahas Bagaimana proses terjadinya komunikasi data antar komputer
Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data dari dua komputer yang berhubungan dalam sebuah jaringan baik jaringan lokal Lan maupun jaringan yang lebih luas seperti internet
Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang sangat besar ketika kita mengirimkan sebuah data-data yang kita kirimkan tidak langsung sampai ke komputer tujuan. Data tersebut harus melalui satu komputer ke komputer yang lain dari satu jaringan ke jaringan yang lain sampai akhirnya mencapai komputer yang dituju. Sebagai contoh ketika kita memasukkan user ID dan password dari account email di Yahoo Mail maka data user ID dan password yang kita kirimkan tidak langsung sampai di server Yahoo data tersebut melainkan harus melalui jaringan komputer di tempat kita lalu dikirimkan ke toko komputer ISP langganan kita kemudian melalui jaringan jaringan komputer lain di internet sampai akhirnya tiba di server Yahoo.

Komunikasi data antardua komputer dapat diibaratkan dengan mengirimkan surat atau paket ke tempat yang jauh. Ketika kita ya mengirimkan surat atau paket kita harus menuliskan nama dan alamat yang jelas. Kita tidak ingin surat atau paket yang kita kirimkan tiba di alamat yang salah dan diterima oleh orang yang salah. Nama yang dituju ditulis untuk mencegah agar surat atau paket kita tidak dibuka oleh orang lain yang mempunyai alamat yang sama dengan orang yang kita tuju. Sedangkan alamat tujuan kita tulis untuk mencegah surat atau paket yang kita kirimkan tidak tersasar ke alamat yang salah.


 ketika kita mengirimkan data Sama halnya ketika kita mengirimkan surat atau paket maka kita juga tidak ingin data yang kita kirimkan sampai ke aplikasi dan komputer yang salah  bila dianalogikan dengan pengiriman surat atau paket aplikasi dianalogikan dengan orang dan komputer dianalogikan dengan alamat seperti sebuah rumah yang ditempati oleh beberapa orang yang demikian juga dalam sebuah komputer yang memiliki beberapa aplikasi. Kita tidak ingin data yang kita kirimkan sampai di komputer dan aplikasi yang salah.

Selain masalah alamat dan orang yang dituju ketika kita mengirimkan surat atau paket kita tidak ingin surat atau paket yang dikirim rusak di tengah jalan. Misalnya saja kita mengirimkan paket berisi boneka untuk hadiah ulang tahun adik atau teman kita tentu saja kita tidak ingin pakai tersebut sampai di tempat tujuan tetapi telinga atau kepala boneka nya sudah hilang. Untuk mencegah hal seperti itu maka sebelum mengirimkan surat atau kita membungkusnya terlebih dahulu sehingga surat atau paket tersebut aman dari kerusakan.


Related image
Komunikasi data antara dua komputer dilakukan dengan menggunakan protokol protokol protokol adalah aturan-aturan yang membuat dua buah komputer saling mengerti satu dengan yang lain. Protokol dapat juga disebut Bahasa komunikasi komputer. Sama halnya dengan kita yang dapat berkomunikasi dengan orang lain jika menggunakan bahasa yang sama maka komputer dapat berkomunikasi satu sama lain jika kedua komputer menggunakan protokol yang sama.

Dalam komunikasi data komputer menggunakan protokol protokol komunikasi data protokol protokol tersebut bekerja sama untuk menangani proses Pengiriman data. Bentuk dari protokol tersebut dapat berupa perangkat lunak maupun perangkat keras komputer.

Salah satu protokol komunikasi data yang banyak digunakan untuk menangani komunikasi data dalam area yang luas adalah TCP/ IP ( transfer control Protocol atau internet Protocol). TCP/IP merupakan sebuah kumpulan protokol yang bekerja sama untuk menangani proses Pengiriman data. Masing-masing protokol mempunyai fungsi dan secara keseluruhan dapat memastikan data yang dikirimkan sampai ke alamat dan aplikasi yang benar serta dalam keadaan tidak rusak.


 TCP/IP mempunyai kelebihan Yaitu dapat mengomunikasikan 2 buah komputer yang berbeda jenis dan sistem operasi yang digunakan.TCP/IP memungkinkan komunikasi antara komputer PC dengan Macintosh atau antara sistem operasi Windows dengan unix atau Linux. TCP/IP terdiri dari 4 lapis kumpulan Protocol atau biasa disebut dengan istilah layer. Setiap protokol dalam setiap lapisan mempunyai fungsi masing-masing keempat lapis kumpulan protokol yang ada di TCP/IP dan fungsi masing-masing Protocol adalah sebagai berikut.
1. Application layer
Lapisan ini berfungsi sebagai interface atau antar muka antara pengguna dengan data. Pada lapisan ini terdapat semua aplikasi yang menggunakan protokol TCP/IP.
2. transport layer
Transport layer berfungsi untuk mengadakan komunikasi antara dua host/komputer. Protokol yang ada pada lapisan ini adalah TCP (transmission control Protocol) dan UDP (user datagram protocol)
3. internet layer
Internet layer terdiri dari protokol IP, ARP dan ICMP. Protokol IP berfungsi untuk menyampaikan paket data ke alamat yang tepat. ARP berfungsi untuk menemukan alamat hardware dari komputer yang terletak pada jaringan yang sama. Sedangkan ICMP digunakan untuk mengirimkan pesan dan melaporkan kegagalan Pengiriman data sehingga data yang gagal terkirim akan dikirimkan kembali.
4. network interface layer
Network interface layer berfungsi mengirimkan dan menerima data dari media fisik jaringan. Media fisik di sini dapat berupa kabel jaringan serat optik atau gelombang radio (Jika jaringan merupakan jaringan nirkabel)

Pada saat mengirimkan data setiap protokol akan menambahkan informasi kepada setiap pakai data sebelum meneruskan paket tersebut ke layer di bawahnya. Informasi yang ditambahkan disebut dengan header dan berfungsi untuk mengontrol pengiriman dan penerimaan data agar berjalan dengan baik. Header akan ditempatkan di bagian depan setiap paket data. Proses penambahan header disebut dengan istilah enkapsulasi ( encapsulation).

Salah satu tujuan jaringan komputer dan internet dibuat adalah agar dua komputer atau lebih saling berbagi sumber daya termasuk data data dan informasi. Karena itu akan sering terjadi komunikasi data dari satu komputer dengan komputer yang lain di jaringan lokal maupun internet. Kelancaran komunikasi data di antara dua komputer dalam sebuah jaringan sangatlah tergantung kepada kemampuan jaringan tersebut untuk melewatkan data data setiap waktunya. Kemampuan jaringan melewatkan data tergantung kepada lebar pita jaringan atau sering disebut dengan Bandwidth. Kemampuan jaringan untuk melewatkan data diukur dengan satuan bits per second atau BPS. Artinya adalah berapa bit data setiap detiknya yang dapat dilewatkan dalam sebuah jaringan.

Image result for komunikasi data jaringan komputer
Lalu lintas data dalam sebuah jaringan baik jaringan lokal maupun jaringan internet dapat diibaratkan dengan arus lalu lintas kendaraan di jalan raya. Semakin lebar sebuah Jalan semakin banyak kendaraan yang dilewatkan setiap waktunya. Jika kendaraan yang lewat melebihi kapasitas Jalan akan terjadi kemacetan demikian juga dengan lalu lintas data dalam sebuah jaringan. Paket-paket data yang dikirimkan melalui jaringan dapat dianalogikan sebagai kendaraan yang lewat di Jalan Raya sedangkan lebar bandwidth dapat dianalogikan sebagai lebar Jalan Raya.


Untuk meningkatkan kecepatan arus lalu lintas di jalan raya kita dapat melakukan beberapa hal diantaranya adalah membuat jalan yang lebih besar, menghilangkan hambatan-hambatan di jalan raya dengan membuat jalan tol dan dengan membuat ukuran kendaraan yang lewat menjadi lebih kecil.
Meningkatkan arus lalu lintas data di jaringan juga dapat dilakukan seperti cara-cara di atas. Pertama dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi jaringan pita lebar yang mempunyai kemampuan untuk melewatkan data yang lebih besar. Cara kedua adalah dengan menggunakan media jaringan yang mempunyai hambatan yang lebih kecil misalnya kabel serat optik. Cara yang ketiga adalah dengan menggunakan teknologi kompresi data. Sebelum dilewatkan di jaringan data terlebih dahulu dikompres kemudian dikirimkan melalui jaringan. Pada sisi penerima paket data di tersebut kemudian dikembalikan. Dengan cara ini maka ukuran data yang dilewatkan di jaringan menjadi lebih kecil sehingga lalu lintas data semakin cepat.

definisi komunikasi data - begini cara kerja komputer dalam mengirim data definisi komunikasi data - begini cara kerja komputer dalam mengirim data Reviewed by Wichi on 23:41:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.